Selasa, 10 Januari 2012

Ganesa Pegunungan Himalaya


Pada awalnya terbentuknya pada zaman Upper Cretaceous sekitar 70 Tahun yang lalu ketika pergerakan lempeng Indo – Australia bergerak menuju utara dengan kecepatan 15 cm per tahun bertumburan dengan lempeng Eurasiansekitar 50 tahun yang lalu. Pergerakan lempeng Indo – Australia yang cepat mendkati lautan Tethys, keberadaannya telah berdasarkan batuan sedimen sama yang terdapat pada dasar lautan dan gunung berapi. Ketika terjadi proses sedimentasi batuan yang cenderung menjorok kepegunungan daripada lautan, lempeng Indo – Australian yang terus bergerak horizontal di bawah lempeng Tibet, sehingga membentuk lempeng yang menjorok keluar. Hal yang sama terdapat pada pembentukan dataran tinggi Arakan Yoma di myanmar, Andabar dan kepulauan Nicobar pada Pantai Bengal. Lempeng Indo – Australia terus bergerak dengan kecepatan 67mm/tahun dan sekitar 10 tahun yang akan datang akan berpindah sejauh 1500 km menuju asia. Sekitar 20 mm / tahun India Asia akan merusuk sepanjang pegunungan Himalaya selatan. Pergerakan lempeng india akan membuat daerah menjadi tidak stabil dan akan terjadi gempa bumi dalam jangka waktu tertentu.
    
Terbentuknya pegunungan Himalaya di Asia diperkirakan akibat naiknya lapisan anak-benua India dan Asia sekaligus. Penelitian enam tahun Dave Waters dari Universitas Oxford telah menggugurkan pendapat itu.
Teori lama berpendapat bahwa Pegunungan Himalaya muncul akibat benturan anak-benua India dengan Asia 50 juta tahun yang silam. Anak-benua India disebut-sebut “berlayar di atas samudra magma” ke utara dan merangsek Asia. Tabrakan ini mengangkat tepian pertemuan kedua benua ke atas sampai membentuk pegunungan ini.
Waters menemukan bahwa jajaran pegunungan Himalaya terbentuk akibat desakan lelehan lempeng anak-benua India 29 kilometer di bawah permukaan benua Asia.
Benturan dengan Asia, melelehkan lapisan granit anak-benua India. Lapisan ini masuk ke bawah benua Asia dan mendesak tanah ke atas. Jadi, bagian permukaan Asia-lah yang membentuk Himalaya, bukannya kedua lempeng benua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar